Tags

blood (7) cancer (9) chemistry (1) eyes (10) for women (7) healty (74) internet (23) kidney (4) life (1) nerve (6) plant (3) repro (12) skin (3) story (1) technology (6) vitamin (10)

Sabtu, 17 September 2011

minum air putih


Jangan kurang minum air putih
Selain untuk mencegah terjadinya dehidrasi yang dapat menyebabkan kelelahan, pusing kepala dan ketidakmampuan untuk berpikir jernih, banyak minum air putih dapat mencegah Anda untuk makan dalam porsi besar. Bagi wanita yang sedang diet, sangat dianjurkan untuk minum lebih dari 8 gelas air putih sehari. Mungkin sepertinya hal ini sulit, namun jika Anda melakukannya secara teratur, Anda dapat memetik manfaat besar dari kebiasaan yang baik ini. Minumlah segelas air ketika bangun tidur di pagi hari, kemudian minum lagi segelas setelah selesai mandi atau setiap kali ke kamar mandi. Minum segelas air putih ketika makan siang dan segelas lagi ketika makan malam. Menjelang tidur, jangan lupa untuk minum lagi segelas air putih. Minum terlalu banyak air akan membuat perut terlihat gendut? Tidak! “Meskipun air sering dianggap menyebabkan perut kembung, minum lebih banyak air justru dapat ‘membilas’ natrium dari tubuh, dan mengurangi perut kembung,” ujar Jeff Hampl, Ph.D., R.D., peneliti nutrisi di Universitas Arizone.
Cara mudah mengetahui apakah Anda cukup minum air adalah dengan memeriksa warna dan jumlah urin Anda. Apabila warnanya kuning pucat dan volumenya banyak, berarti minum Anda cukup. Sebaliknya bila warna urin gelap, jumlahnya sedikit, dan Anda merasa haus terus-menerus. Kiat berikut ini bisa dilakukan agar tetap cukup minum.
- Minum setidaknya 8 gelas air sehari. Minuman yang mengandung sedikit kalori, kafein, dan sodium, termasuk teh herbal, adalah yang terbaik. Hindari minuman bersoda atau sup yang mengandung banyak garam. Anda dapat memenuhi kebutuhan air apabila mengonsumsi makanan berair seperti buah, sayur, atau kuah sayur.
- Hindari minuman bersoda. lni lebih mudah membuat perut Anda kembung karena karbon dioksida dalam busa soda tersebut menghasilkan gas.
- Perhatikan asupan alkohol dan kafein. Keduanya merupakan diuretik alami. yang meningkatkan buangan air melalui urin dan tidak mampu mengganti cairan tubuh seefektif air putih, jus, dan minuman bebas alkohol/kafein.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar